Friday, July 10, 2020

Pengalaman Ndengerin Musik, Make Walkman. Di Era Digital


Memang saat ini ngedengerin musik paling mudah adalah make handphone atau sekedar mp3 player tinggal plug and play. Tapi pernah gak sih kalian, generasi z makai atau sekedar mengenal pemutar musik portable bernama Walkman. Karena saya penasaran dengan benda tersebut saya mencoba perangkat tersebut, sudah mulai ketinggalan zaman sih, saat ini. Tapi bodo amatlah.

Berawal dari keisengan jalan-jalan ke Pasar Senthir Jogjakarta, saya akhirnya nemu sebuah pemutar musik portable itu tadi. Walkman, memang terdengar asing bagi beberapa generasi zaman now karena memang walkman ini identik dengan generasi zaman old di tahun 80-90an, dimana itu adalah satu-satunya cara ngedengerin musik hasil sang karya sang musisi. Setelah menawar dan menimbang-nimbang keputusan, terbelilah sebuah walkman dengan harga 150 ribuan

Mulai dari situlah perjalanan dunia perkaset pitanan dan perwalkmanan saya dimulai, saya mulai kalap membeli kaset dan aksesoris-aksesoris lainnya. Terlepas dari niat awal saya yaitu iseng, saya pengen ngrasain gimana susahnya dan suka dukanya orang jaman dulu ngedengerin musik, yang tentunya nggak segampang di era digital seperti sekarang ini. Tapi malah ketagihan ngedengerin lagu-lagu pake walkman ini.

Saya pun berpindah halauan dari penikmat mp3 menjadi penikmat rilisan fisik saat ini. Walkman mengubah cara saya mendengarkan musik, sedikit mulai ada perasaan gundah gulana saat alat itu mengalami troble. Sayangnya, karena saya membeli barang yang umurnya mungkin lebih tua dari saya. Maka untuk perbandingan waras dan tidaknya lebih banyak tidaknya. Dan saya tidak kaget.

Tapi jangan salah walaupun terlihat ketinggalan zaman, ngedengerin musik pake walkman dan kaset pita punya beberapa kelebihan yang nggak bakal ditemuin di pemutar musik lain. Nah berikut, adalah rangkaian pengalaman saya, sebagai generasi z selama medengarkan musik ala jaman old ini.

Suara yang lebih enak
Suara yang dihasilkan oleh kaset pita yang diputar di walkman lebih enak didengerin daripada, format mp3. Jelas lebih enak, kaset ini hasil rekaman sang musisi langsung. Kadang emang suaranya sering tumpul dan gak jelas, tapi dengan kita ngebersihin head tapenya otomatis suara langsung  jreenggg kembali.

Juga perpaduan bass dan treblenya pas. Tidak terlalu tinggi ataupun rendah di satu sisi, ngebuat betah muter kaset ini. Apalagi kalo pas ngedengerin lagunya om Chrisye ‘Pergilah Kasih’ makin melankolis dan kadang marai kelingan mbak e,  huhuhu.. Ehh!

Boros batre
Saya nggak bisa ngebayangin gimana susahnya, wong mbiyen kalo nyetel musik pake walkman  pasti gonta ganti batre saking borosnya atau kerjaanya njemur batre yang udah abis. Karena menurut pengalaman saya make walkman ini, batre ABC yang 2 ribuan hanya bertahan beberapa lagu saja. Dulu pasti juga ngrasain gitu, lhawong jaman dulu belum ada yang namanya batre lithium. Baru dengerin merdunya suaranya mas duta tiba-tiba suara melorot dan mati, kan bikin zebel sekaligus nggonduk..

Tapi dijaman serba modern ini tinggal beli batre cas sekaligus casnya, udah bisa buat dengerin lagu all day long, mulai dari merdunya suaranya mas duta sampe dibuat mual karena headbang sama lagu-lagunya metallica. Tapi jaman dulu gimana susahnya ya? Bayangin aja dulu.

Ada artcover sang musisi
Kaset tanpa artcover sama seperti sego kucing ilang karet e, ambyar. Yo oralah. Setiap rilisan fisik pasti disertai artcover. Artcover adalah artwork yang terdapat di dalam cover kaset tersebut. Jadi selain mendengarkan  lagu-lagu sang musisi, sekaligus menikmati karya sang musisi dengan melihat artwork yang sudah dikemas.

Di dalem artcover ini juga tertulis pesan dan doa-doa dari sang musisi atau “say thanks” dari musisi idola seolah menjadi “a mighty pleasure”  secara audiovisual. Yang pasti artcover ini tak tersedia di mp3 atau rilisan digital, hanya di rilisan fisik sahaja.
Artcover itu macam-macam, ya.. namanya juga art mulai dari gambaran anak kecil dalam album ‘The Cure’ hingga artwork kontroversial dari ‘Megadeth’ di album “Youthanasia” (1994) yang menampilkan sesosok wanita tua yang sedang menggantung puluhan bayi di jemuran. Keren.

Seperti datang ke konser sang musisi
Ketika lagu pertama pindah ke lagu kedua pas dengerin peterpan, seolah Ariel bilang “kalian semua luarrr, biasaaa...” ya ga gitu juga sih, tapi euforia mendengarkan kaset ini persis ketika kita menghadiri konser sang musisi. Dimana kita menikmati setiap bait lirik lagu, alunan musik, dan juga yang paling berkesan adalah penantian dari lagu sebelumnya ke  lagu favorit kita yang kita tunggu-tunggu tanpa harus men-skip lagu.

Menanti sabar menikmati setiap daftar lagu sang musisi dari awal sampai akhir, hingga lagu yang kita tunggu-tunggu  terputar. Rasanya akan berbeda, pecah! Apalagi diputar dalam radiotape dan di perdengarkan beramai-ramai, dah serasa konser banget tuh. Tinggal teriak “airrr.. airr.. airrr..” sambil mangap-mangap!

Sekarang penikmat musik dengan seenak jidat men-skip lagu yang tidak disukai menuju lagu favoritnya. Esensi dari menikmati kaset pita yang tidak bisa ditemukan saat ini ya itu, ketika ngedengerin musik  lagu yang kita tunggu-tunggu akhirnya terdengar di telinga , rasanya akan berbeda karena kita butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai lagu tersebut.

Disitulah esensi menikmati karya sang musisi sampai klimaks.

Bisa buat mixtape sendiri
Masih ingat dengan star-lord?  Salah satu penjaga kedamaian antar galaksi, dalam film “Guardians of the Galaxy”.  Pas dia mau ngambil power stone di Planet Morag, dia muter tuh walkman di pinggangnya berpadu dengan headphone di telinganya. Nah, dia nyetel kaset mixtapenya sendiri yaitu ‘awesome mix vol.1’ dan ‘awesome mix vol.2’ yang isinya macem-macem.

Mixtape sendiri adalah kegiatan merekam ulang kaset pita yang dilakukan untuk mendapatkan lagu pilihan kesukaan kita dalam satu tape, yah.. semacam playlist lagu-lagu favorit. Biasanya generasi jaman old make cara ini buat mbribik atau menyatakan perasaan lewat mixtape yang related dengan perasaannya. Kayak pas Galih ngungkapin perasaanya ke Ratna di film AADC, melalui media mixtape romantis inilah si Ratna klepek-klepek dan nerima Galih. Co suitttttt,.
Tapi sebelum bikin mixtape romantis, inget! Cari gebetan dulu ye.. xixixi,

Hunting Kaset
Ini adalah salah satu ritual paling sakral dalam sekte pemuja rilisan fisik. Karena stok kaset pita baru sudah sulit ditemui maka pecinta rilisan fisik seperti saya ini wajib ain untuk hunting kaset album sang musisi idola. Terutama jika musisi jaman old yang sudah jarang mengemas karyanya lewat album, bakalan lebih susah ditemui.

Hunting ini bisa dilakukan dimana saja mulai dari di pasar loak, pasar tradisional, membeli dari sesama kolektor dengan harga aman dikantong, atau opsi terakhir adalah hunting dirumah sendiri, karena pasti jaman dulu bapak atau ibu kita juga punya koleksi kaset tape ini. Tinggal cari tuh barang, siapa tau nemu harta karun yang menjadi simpenan BoNyok.

Yang jelas, menurut saya ngedengerin lagu pake media apapun sah-sah saja. Selama juga tidak membajak dan menikmati duplikasi karya sang musisi. Karena sebuah karya itu akan sampai pesan dan maknya jika terjaga orisinalitasnya. Berhubung kopi saya sudah tinggal abis saya cukupkan sampai disini, semoga bisa menjadi referensi bagi kaum milenial dalam menikmati hari-hari dengan karya sang musisi tercinta.




No comments:

Post a Comment