Sunday, March 29, 2020

Sebuah Referensi : Kamera Analog Vinon Jamboree


Halo semuanya,

Ini udah hari ke berapa kalian quarantine atau bahasa kerennya ndekem neng omah , gue udah lupa ini hari ke berapa gue udah menjadi tahanan di rumah gue sendiri, arghhh.. gak tau sampai kapan akan begini, huhhh!!!!

Di tengah kesibukan gue hari2 ini. Gue nyempetin buat nulis buat blog ini, ngeshare sesuatu ke kalian. Gue sibuk setengah matii..

Bangun-makan-tidur-bangun lagi-makan lagi- tidur lagi,, seperti itu terus tak pernah beristirahat gue butuh istirahat juga dari kesibukan tersebut.. tolonglah, tapi ditengah2 hal tersebut gue sempetin kali ini.

Siang ini, jogja di guyur hujan dengan sedikit angin kencang.. dan gue abis mandi trus lari marathon ke jemuran emak gue, buat ngangkatin. Dan alhasil ketek gue basah lagi, jemuran beres. Tapi diluar masih hujan rintik2.. sambil ndengerin payung teduh, buat memayungi kisah cinta kita dari hujan ini,,, hahaha  #jomblobebas :p

Dan gue mau ngasih tau lo sesuatu tentang kamera analog, lagi. Kali ini gue bakal ngeshare ke kalian gimana pengalaman gue pertama kali make analog dan hasilnya setelah keluar dari lab foto, seru2 tai ayam kalo kata gue,,

Bentuk kamera kayak apa sih, cuk?





Oke itu penampakannya, jadul nan klasik bukan?

lo beli dimana hari gini, kamera kayak gituuuuu?!

kamera ini gue dapet, eh gue beli,, enak aja kalo dapett enak banget dah idup, apa2 dapet. Gue beli di pasar klithikan senthir beringharjo, dan coba tebak harga buat kamera ini,,

Yepp!! 50ribu, dengan gopek gue dapet bnda tersebut. Setelah muter2, muterin seluruh seluk beluk pasar tersebut, gue nemu satu yg masih, oke punya. Tempat ini memang surga bagi para pecinta vintage, jualan mulai dari kamera jadul/bekas, cawet bekas, ban motor bekas, sampai jua bekas pacarr... hahha tentu ada disono,

Setelah gue cek cek segala kondisi fisik dan suhu badannya,, hahaha takutnya korona.. gue udah mantep, beli.. tiba2 ada yang meronta tapi bukan jiwa nih, bundaa!
Dompet gue meronta2, dan terharu atas terlepasnya benteng terakhir dari pertahanan keuangan gue. Tapi gue ga peduli.

Akhirnya gue bisa ngeboyong nih, kamera. Sampek rumah gue mandiin gue lap sampe xinclongggg!! Biar kayak kulit mbak2 SPG rokok yg aduhaiii..
Diatas sebuah kesenangan ada penderitaan panjang, gue besoknya puasa.. tapi dengan dalih diet,, gue gak makan, pertahanan gue udah jebol..

Setelah beberapa hari ngandang, gajian pun turun.. gue lgsung jajain tuh duit buat beli film atau yg sering orang jaman dulu sebut,, klise.. dan gue beli film bulk, yg murah meriah dan aman di kantong.. 
 itu adalah purwa rupa dari film bulk, apa itu film bulk,, bakalan kita bahas di next post..

Trus abis gue beli kamera sm film, gimana caranya masukin film ke kameranya?


Dan ini adalah gimana cara gue buat ng-load film tersebut, dan

buka backdoor bagian belakangnya dan juga angkat tuas rewind di bagian kiri kamera

abis itu, masukin filmnya dan tarik lidah filmnya hingga ke sisi satunya


pastikan nyangkut dan bisa kegulung sempurna



Setelah itu, pastiin kalo lo muter film ke kanan, tuas rewind yg tadi diangkat muter juga,, ato gampangnya muter bareng dua duanya.. sebelum di tutup buang dulu 1-2 frame biar gulungan di luar selongsong film nyangkut secara maksimal dan film lo ga bakalan blank atau kosong,,

Setelah dipastiin roll film tersebut udah nyangkut dan muter, tutup deh backdoornya.. kayak gini, kalo ngga ketutup atau lo buka sewaktu belum lo rewind,, kelar deh idup lo!!!! Film lu gosong alias hangus,, so.. jaga baik2 tu backdoor biar nutup terus.

jangan, sekali2 membuka backdoor kamera,, kalo lu udah nge-load film


And then setelah itu,, happy hunting.. sila ke jalan2 ato kemana hunting biar nggak pusinggg.. kemanapun jeprat jepret,,
setelah selesai dan film counter lu mentok di angka 36, lu gulung sampe abis dengan tuas rewind*di deket jempol gue. itu sampe kerasa ringan.. baru deh lu buka backdoornya, trus cuciin ke lab terdekat rumah lo..
kamera gue ini punya 3 mode yaitu ;

{foto}

Flash, cloudy, dan sunny dan ketiganya memiliki bukaan yg berbeda2,,  lensanya sendiri berdiameter 45mm, dengan terbesar F1/8.. dan ada port untuk nyambungin flash eksternal di bagian atasnya..
Menurut gue Vinon Jamboree ini worth it gue beli, dg harga gopek.

Dan ini adalah hasil dri gue  hunting jepretan kamera ini,,
Halaman rumah gue, serasa 90an.. hijau nan asri

hujan gaes..

berjuta makna dan klasik,,

jogja taun berapa niih..

oke, temen2 mungkin itu dulu yg bisa gue share kali ini,, ini jari gue udah mulai kram dan keluar jurus rasengannya.. dan semoga bisa buat temen bacaan lo ketika #dirumahaja dan bisa jadi referensi hobi lo yg baru,,

i'il see you next time..
asalamualaikum!!!


No comments:

Post a Comment