Tuesday, May 12, 2020

Trip Candi cetho 2017


ada modelnya gapapa lah, ga sempet ngefoto yg eskpert. 


        Jam enam pagi semua harus sudah kumpul didepan rumah saya. Tapi mereka satupun malah belom keliatan batang hidungnya, hanya pohon2 yg ijo dan jalanan pagi yang sepi. Padahal saya udah nyiapin sekarung beras dan kompor elpiji*glodak buat liburan kali ini.

      Rencananya saya dan ber-8 teman saya mau liburan ke candi cetho. Buat kalian yang ga tau candi ceto itu dimana? Itu ada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Pura Hindu yg terletak di kaki gunung Lawu.

     Perjalanan kali ini bakalan jadi trip yg panjang, oke kita mulai aja dari sekarang!!!
Tiket ditangan tertulis jam 7 pagi, kereta prameks jurusan Solo Balapan. Tapi sampai jam 6.30 masih kurang beberapa orang. Jam 6.50 dg naik motor yg udah ugal2an layaknya begal dikejar maling*gimane tuh. Sampai juga di parkiran St.Tugu Yogyakarta, lari dari parkiran ke check-in tiket sambil diliatin bapak tukang becak.

     Sialnya hampir ada drama ketinggalan keretanya film 5cm. Sekejap ber-8 udah didalem kereta yg hanya berhenti 5 menit distasiun tsb*merasa lega. Oh ya, tiketnya udah dibeli dr hari sebelumnya dg harga 8rb rupiah saja di loket pembelian stasiun tugu. Ini beli resmi ya gatau kalo kalian beli di calo.
Kereta pagi berangkat, sesak dan berjejal. Satu  jam perjalanan dilalui dengan berdiri dan berdempet hmmm, kaki ampe ga bisa di tekuk tolong.

     Sampai di Solo Balapan, langsung menuju Terminal Tirtonadi ninggal janji*yungalah malah nyanyi.. lewat jembatan penyeberangan atau skybridge yg menghubungkan langsung pas turun dari kereta lgsung ke Terminal Tirtonadi. Skybridge ini panjang banget teman2 kaya anu lo :D. Dengan panjang 437 meter ini memangkas jarak yg dulunya 1,3km sekarang hanya 15menit jalan kaki tanpa nyabrang dalan dan kepanasan udah sampe ke Terminal Tirtonadi.

     Sampai ke terminal langsung liat jadwal imsakiyah.. ya enggaklah liat jadwal pemberangkatan bis menuju terminal karangpandan dengan waktu tempuh sekitar satu jam-an, dan tepat saat jam 10 pagi bis jurusan Tirtonadi-Karangpandan dateng. Langsung bergegas naik dan duduk tepat di kursi bis yg lengang. Biaya dari Tirtonadi ke Karangpandan di dalam bisa adalah sekitar 15rban, cukup murah untuk bis kelas ekonomi yg ada Acnya(Angin Cendela).

     Sampai di Karangpandan kami bangun candi, ya enggaklah. Kami turun dan menapaki bumi karanganyar. Ada 2 opsi yang bisa dipilih yaitu:
1.       Naik bis dari karangpandan ke terminal kemuning, dari terminal naik ojek lagi ke candi ceto. Yg berarti biaya dobel.
2.       Opsi kedua yaitu nyarter bis kecil atau minibus di Karangpandan sampai ke puncak candi ceto.
3.       Opsi ketiga, gaada. Orang opsinya Cuma 2.

      Kami pilih opsi kedua bukan pertama atau ketiga ya. Setelah istirahat sebentar beli makan minum dan kami berunding sebentar, dan lgsung eksekusi buat milih bis mana yg bakalan di carter. Walaupun nggak usah dipilih para sopir bis ¾ yg sedang ngetem ini udah ngajakin ngomong duluan pas jalan lagi milih2 bis.

“ke kemuning mbak, ayo saya anter?” ujar bapak sopir bis
“berapaan pak?”
“200neng..”
“waduh, 150 deh?”
“wahh buat bensin neng mahal.. 200 neng”
“sejuta deh pak?”
“ayok mbakk, mau saya..” ucap bapaknya sambil mata berbinar2
“enak aja, setengah jam jalan aja sejutaa”
Diikuti gerutu bapaknya.. yg ngedumel kesel

Percakapan tawar menawar yg alot itu lama banget sumpah, sampe2 ngantuk. Dan akhirnya didapatkan dg harga 200rb ditanggung 8 orang, berarti per @adalah 25rb, dengan catatan bis lgsung menuju candi ceto dan pulangnya juga ditungguin bisnya. Jadi nggak usah repot2 buat mikirin pulangnya. Perjalanan dari Karangpandan ke candi ceto kurang lebih setengah jam-an.

Saya sempet gentar dan bergidik saat bis masuk ke area tanjakan curam yg konon banyak kendaraan yg melorot. Suara bis ¾ udah ngeden kayak ibu2 mau nglahirin. Kita di belakang berdoa dengan khusyu’ si bapak sopir malah senyum2 nyapa warga sekitar,sambil ngisep tembakau kreteknya.

Sampai di atas Cuma bisa bilang ‘WOW!’ view dari atas sini itu kayak negeri diatas awan. Masuk dengan biaya 7.500 rupiah saja, tak lupa dipinggang kita wajib di lilitin kain kampuh. Dan kita boleh melenggang masuk ke candi cetho menikmati suguhan sejarah dan sajian alam.

Jam 2 siang, udah puas foto2 smbil ngopi2.  Jalan menuju parkiran bis. Turun arah terminal Karangpandan, sampai di terminal diputuskan untuk pulang ke solo balapan dengan naik grab, karena sudah terlalu sore dan nggak ada bis menuju Tirtonadi.

Memutuskan untuk makan di nasi padang, depan stasiun solobalapan karena seharian isi perut sudah terkuras. Sayangnya setelah masuk, masih harus antri dan membeli tiket di loket. Jurusan Solobalapan-Tugu dg harga yg sama yaitu 8rb jadwal pemberangkatan jam 6 sore.
Setelah shalat maghrib, kereta datang dari arah barat. Sepi dan lengang berbanding terbalik pada saat  berangkat dari yogya.

                Selepas isya, kami sampai yogya lagi. Menuju ke parkiran dan pulang.
                                                                                               
                                                                       ====

Estimasi trip ke candi cetho dr yogya:
-          Biaya PP solobalapan-tugu : Rp.16.000
-          Bis dari tirtonadi-karangpandan: Rp.15.000
-          Bis ¾ dari karangpandan-ceto, dibagi 8 orang : Rp.25.000
-          Grab dr Karangpandan-Solobalapan : Rp.50.000
-          Makan dan jajan lain : Rp.50.000
Rp.156.000,-
*biaya tersebut bisa berubah sewaktu2 dan bisa menggunakan berbagai opsi lain untuk menekan biaya2 tersebut.
                                                               

                                                   *Selamat Berlibur*

No comments:

Post a Comment