Thursday, April 9, 2020

jumat ke 4.


Halo semuanya,

Gimana kalian udah nambah berapa kilo selama di quarantine day, apa jangan2 pipi kalian udah mulai mengembang, dan  perut kalian udah offside dan bisa buat nyimpen barang2 di lipetan2 perut.. kayak bawa dispenser kemana2 hahaha..

saya mau cerita tentang wabah ini, terjadi di daerah tempat saya tinggal. Disini saya mulai 
berorientasi dari penyebutan gue menjadi saya.. yg mungkin lebih relevan di lidah saya, yg sangat.. dan 100% wong jowo hahaha.. *halahhh ngemeng opo to su, nulisss bukan ngemengggg...

wabah ini mulai merambah ke kota saya kurang lebih satu bulan yg lalu, disitu pemerintah sudah menerapkan #dirumahaja.. yg seperti biasa anjuran tanpa hukuman hanya dianggap angin yg melintas melalui kuping kanan dan keluar di telinga kiri, hmm sungguh*warga +62.. ckkkk
dalam hati saya, mulai terjadi perang batin dan dilema, tentang bagaimana hubungan vertikal dan sekaligus horizontal, yg mana pembatasan sosial mulai diberlakukkan.

Hubungan vertikal ini yg membuat hati saya sedikit gelisah, cemas, seakan mudah goyah..

Bagaimana bisa dalam keadaan wabah dan musibah seperti ini, seakan2 saya umat muslim malah di jauhkan dari sang khalik?

Pertanyaan besar itu memenuhi pikiran saya saat itu

Dan juga social distancing yg digaungkan oleh pemerintah seperti asing bagi kita karena kita terkenal sebagai bangsa yg menjunjung tinggi nilai2 sosial, dan ini sangat2 ironi..

Esok hari adalah jumat ke-4, dari sewaktu wabah ini menyebar luas di negeri saya. Ngilu hati saya ketika setiap sore mendengar pertambahan positif covid-19 yg semakin tak terkendali..

Dan sudah 3 kali jumatan pula, saya nggak menjalankan ibadah shalat jumat.. dan mungkin banyak diantara teman2 jg yg mengalami hal serupa.. nggak jumatan selama lebih dari 2 kali, saya takut karena nggak shalat jumat ini kegantengan saya berkurang :D hahaha, kan biasannya abis shalat jumat tuh cowo2 lgsung bikin status..

“shalat jumat, ckk biar ganteng nich”

*sambil selfie dengan, rmbut tersisir rapi.. bersama ootd islaminya..

Biasanya yg model begini dateng pas, akhiran lgsung nyelonong pas khatib udah selese khutbah.. hahaha, trus pulangnya paling depan supaya bisa milih sandal impian yg nggak mampu di beli dg gaji sebulan :D

Sedih dan mengganjal di hati saya dg peristiwa diatas, yg pertama saya nggak bisa lagi ambil jatah makanan jumatan di masjid gede.. hahaha, dan kedua hubungan vertikal dalam hati saya bergejolak sedih bukan main cuy,,,

Mungkin ada pula, sebagian kecil dr temen2 yg senang,, karena biasanya molor.. ato nggak pas udah jam dzhuhur.. sengaja tidur hahaha, buat bolos jumatan, tersenyum bahagia karena nggak jumatan :D,

Saya nggak tau dg perasaan teman2 diluar sana, yg jelas saya sangat sedih.. dg keadaan seperti ini di kota saya.

Setelah itu, tak lama setelah adanya maklumat dari pemerintah ttg pembatasan sosial.. raja jogja, ngarsa dalem Sri Sultan HB IX bersabda untuk warga jogja agar tetap dirumah dan melakukkan pengurangan aktifitas sosial. Ajaibnyaa.. tak lama dr itu jg Jogja sepi, seolah sudah menjadi kewajiban warganya.. mengikuti titah sang raja.. gw salut sama warga jogja J

Mungkin itu juga berdampak dg penambahan kasus di jogja yg allhamdulilah tak sebesar dg kota lain, yg menurut saya ini juga dampak dari berkah ndalem..

Dan esok pagi sudah genap 4 minggu lebih musibah ini menimpa negeri ini.. tak tau sampai kapan.

Saya nggak abis pikir dg orang2 yg mudik ke kampung halaman di saat situasi yg seperti ini.. padahal sudah dilarang agar tidak terjadi penyebaran.. tapi malah tetap mudik dan ngeyel, ckkk ... saya udah nggak paham lagi sama warga +62,,

Dan malem ini, kamis malam.. jalanan sangat sepi.. tenang.. hanya satu dua kendaraan melintas dg selang waktu yg cukup lama.. padahal jam baru merangkak ke jam 10.. belum lagi tengah malam. 

Dunia memang sedang beristirahat.


Suara burung kedasih dan tokek pun meraung2 memenuhi kelengangan malam2 ini.. tak tahu pertanda apa, tapi membayangkannya saja saya sudah ngeri.

Yah, racauan2.. seperti ini saya buat hanya ingin mencurahkan sesuatu yg ada di benak saya,,

Terimakasih, teman2.. stay safe, stay health, stay at home..

I’il think thats all for today teman2.. i’l see you next time
 Asalamualaikum.

No comments:

Post a Comment